Selamat Datang

Senin, 13 Agustus 2018

Si Cantik Ismiyati Sosok Ghaib Yang Dermawan 
Dari Petanahan Kebumen.


Berbagi Route Wilayah Kebumen 12/07/2018). Malam Jumat baiasanya identik dengan sunah rasul ini kalau malam-malam jumat biasa. Namun khusus untuk Malam Jumat Kliwon bagi masyarakat Jawa khususnya mungkin sebagian besar suku di Indonesia sepakat bahwa Malam Jumat Kliwon adalah malam penuh mistis. Sekarang ternyata Malam Jumat Wage sehingga tidak terlalu menakutkan kalau berbicara masalah mistis dan hal-hal ghaib. Setuju ?
Pada kesempatan ini Berbagi Route Wilayah Kebumen akan berbagi tidak seperti biasanya, tapi sekali-kali berbeda. Ini juga berdasarkan request pembaca dan memang juga sudah lama penulis ingin mengangkat thema mistis/ghaib. Terima kasih kepada yang sudah request sehingga penulis jadi tambah semangat untuk menyampaikan informasi-informasi yang diharapkan dan mungkin bermanfaat bagi pembaca.


Sesuai dengan judulnya, yaitu Si Cantik Ismiyati Sosok Ghaib Yang Dermawan Dari Petanahan Kebumen. Ini sosok mitos atau memang sosok ghaib yang eksis? Pertanyaan itu mungkin juga berputar di benak pembaca. Untuk memenuhi rasa keingintahuan, ahirnya pada Hari Jumat Wage Tanggal 12 Juli 2018 ba’dha Ashar sekitar jam 4mpatan sore, penulis memulai hunting informasi.

Berangkat dari rumah menuju Petanahan dan ambil kiri setelah sampai di pertigaan Indomart ke arah timur route menuju Klirong. Dalam angan-angan adalah menuju pemakaman umum Desa Grogolbeningsari yang masih wilayah Kecamatan Petanahan sebelah Timur. Berbekal keinginan dan modal nekat akhirnya penulis sampai Perempatan Jagamertan dan bingung akhirnya berhenti depan warung sebelah selatan perempatan. Berusaha mencari informasi lokasi makamnya, tanya seorang yang pas kebetulan berada deket penulis di kasih tahu arah ke utara masuk gang menuju Makam Syekh Anom Sidakarsa.

Penulispun mengikuti petunjuk tersebut, sampai di lokasi penulis juga masih bingung belum menemukannya, akhirnya penulis bertanya kepada beberapa orang warga yang berada di pertigaan sebelum Makam Syekh Anom Sidakarsa. Penulis memberanikan diri untuk bertanya di mana lokasi Makam Ismiyati yang sangat terkenal itu.

Nampaknya banyak masyarakat setempat yang masih merasa takut dan curiga kepada orang asing yang bertanya tentang Ismiyati dan ditanyai secara detail mau apa mencari makam Ismiyati. Akhirnya ada yang memberi tahu lokasi Makam Ismiyati dan sedikit memberi gambaran bahwa Ismiyati adalah sosok yang masih keturunan Raden yang berasal dari Desa Munggu Kecamatan Petanahan.

Berbekal info tersebut ahirnya penulis melanjutkan pencariannya menuju lokasi yang disebutkan. Dari Makam Syekh Anom Sidakarsa terus lurus ke arah barat sampai ke Pertigaan jalan dan ambil kiri dan terus lurus sampai jalan Raya Petnahan – Klirong dilanjutkan menyeberang kearah selalatan ada pertigaan ambil kanan hingga jalan makadam (sebelumnya jalan aspalan) terus sampai perempatan. Yang seharusnya ambil kiri penulis lurus sehingga tidak menemui tanda2 adanya makam, akhirnya penulis bertanya kepada ibu2 yang kebetulan sedang berdiri di pinggir jalan mau nyeberang dan dikasih tahu salah arah harus balik lagi ambil kanan di perempatan tadi sekitar 25 meteran dan akhirnya ketemu dengan area makam yang tidak luas dan masyarakat sekitar menamakannya makam Raden.

Setelah sampai penulis menyetandar kendaraan dan masuk area pemakaman Raden, kebetulan juga ada seorang warga sekitar usia ampir 8o tahunan sedang mencari kayu bakar. Setelah kasih salam dan basa-basi akhirnya penulis memberanikan diri untuk menyampaikan maksud dan tujuan ke makam Raden.

Namanya Mbah Kasmirin yang sudah lebih setengah abad tinggal di situ yang aslinya Desa Jagasima Kec. Klirong. Ketika di tanya sosok ghaib Ismiyati, beliau berterus terang tidak tahu siapa dan darimana serta awal muawalnya hingga menjadi sosok ghaib yang terkenal dari Makam Raden di Desa Grogol Beningsari Kec. Petanahan.. Namun tidak menyangkal banyak hal-hal yang tidak masuk akal terjadi sehubungan dengan sosok misterius Ismiyati tersebut. Dulu katanya cucunya yang bernama Samsul pernah mendapat kiriman sepeda motor dari dealer yang sudah dibayar cash oleh seorang wanita yang bernama Ismiyati, karena memang tidak merasa beli akhirnya sang cucu dan orang tuannya tidak mau menerima dan akhirnya kendaraan dibawa kembali ke dealer dan itu juga berulang kepada orang yang berbeda namun masih sekitar lingkungan makam. Hal tersebut juga dibenarkan oleh warga lain yang masih saudaranya : "Alhamdulilah,nama Samsul yg dikasih Honda itu adlah keponakan ku sendiri.hondanya terus dikembalikan ke dealernya orang gk merasa beli sndiri.

Dan yang terahir adalah kejadian nyata yang baru2 ini belum lama hampir satu bulanan namun masih di bulan Syawal, tetangganya yang juga masih saudara dari mbah Kasmirin di kirimi Nasi plus Telor matang 10 buah dan Ayam goreng separuh (tengahan), yaitu keluarga Pak Demin dan yang menerima anaknya yang masih kecil. Akan tersebut ditanya siapa yang kirim makanan? Jawabnya seorang wanita berpostur kecil/mungil dan berparas cantik dan orang2 meyakini bahwa yang kirim makanan tersebut adalah Ismiyati sosok ghaib yang dermawan. Makanan tersebut dimakan sampai habis dan terasa seperti makanan biasa pada umumnya dan tidak terjadi apa2 setelah makan makanan tersebut. Selain itu juga ada penduduk lain yang diberi kiriman oleh sosok ghaib. Katanya : " Bahkan kejadian nasi itu kmrn trnyta saudaraku jg di kasih. Malah 3 dus nasi. Pokoknya byk sekali.

Kembali ke makamnya, ternyata menurut mbah Kamirin dtempat tersebut tidak ada makamnya hanya sosok tersebut bersemayam di pojokan bangunan makam yang paling besar tempat persemayaman makam Maraden yang memang didalam bangunan tersebut ada pusara yang bertuliskan Maraden berada di sisi paling kiri barat. Mungkin nama ini yang menjadikan komplek pemakaman tersebut di namai Makam Raden.

Sebenarnya penulis mau masuk untuk ziarah namun ketika mau masuh di dalam pas di pojokan yang katanya tempat bersemayamnya Ismiyati ada seseorang yang sedan duduk khusyu sambil membaca-baca doa mungkin sedang mendoakan arwahnya karena kebetulan pas hari Kamis Malam Jumat.
Menurut mbah Kasmirin juga, bangunan tersebut akan segera di pugar dan materialnya sudah tersedia ada Pasir satu truk dan batu bata sekitar seribu dan tidak tahu dari mana material itu didatangkan tahu2 sudah ada yang kirim di sebelah bangunan tersebut. Orang yang dipercaya untuk memugarnya adalah Pak Kyai Sagi tokoh masyarakat sekitar.

Namun sebelumnya juga ada orang lain yang juga masyarakat sekitar yang katanya : "Ortuku jg prnh d kasih material pas mbangun wc. Tp ngga mau Karena sudah selesai. Kalo warga sendiri sudah banyak banget mengalami kejadian. Di luar desa juga banyak. Bahkan sampe d Kalimantan. Dulu katanya mau meminang ismiati. Kalo yang saya tahu langsung malah orang poncowarno kalo nggak salah pas Malam Jumat Dulu ke rumah pak Kades mau melamar. Alhasil di kasih tahulah siapa ismiati.sebenarnya. Imbuhnya lagi : " Banyak sekali kisahnya..yg datang melamar jg ga cuma satu dua kali.

Ada lagi yang menuturkan, katanya: "Bapak ku pernah di kirimi keramik dan semen juga asbes skitar setahun yg llu. Katanya sudah di bayar cash toko bangunannya di Pasar Gropak Puring. di faktur pembelian.alamatnya dan nama serta RT dan RW persis dengan Alamat dan nama Bapakku.

Ada lagi yang menuturkan, yang katanya : "Tukang ojek soka baru kayane akeh sing ngerti ceritane, soale sering tukang ojek njujugna nyampe perempatan kuburan tengah wengi (akeh sing cerita).
Sebenarnya masih banyak kejadian-kejadian aneh yang berhubungan dengan sosok ghaib Ismiyati yang belum terungkap. Penulis saja saat merangkai narasi ini terasa merinding seperti merasakan kehadiran sosok ghaib tersebut. Semoga tetap damai di alamnya.

Oh ya penulis belum mengungkap sosok ghaib lainnya yaitu Maraden atau banyak yang mengenalnya dengan Raden saja. Dan menurut cerita mbah Kasmirin, dulu waktu jaga di makam karena ada yang meninggal pas malam Jumat Kliwon dan menurut kepercayaan harus ditunggu takut ada orang yang berniat jahat terhadap mayat tersebut. Menurut beliau ketika sedang jaga tengah malam melihat sosok wanita tinggi dan cantik dengan memakai pakaian serba hijau dan bersanggul besar seperti dandanan pada umumnya para ningrat atau Raden yang keluar dari bangunan tersebut. Mbah Kasmirin meyakini bahwa sosok ghaib yang dilihatnya adalah Maraden alias Raden. Allahubishawab.
Hasil gambar untuk nyi roro kidul dan kanjeng ratu kidul
Gambar hanya sekedar ilustrasi

Demikian sekelumit informasi tentang Sosok Ghaib Ismiyati Si Canti Dermawan dari Petanahan.
Data dan foto adalah murni hasil penelusuran dan jepretan penulis. Semoga bermanfaat dan bisa mengurangi rasa penasaran ingin tahun tentang Sosok Ghaib Ismiyati dari Petanahan Kebumen tepatnya Desa Grogol Beningsari.

Kalau memang suka silahkan share.


Salam Penulis

Sumber : dari kisah narasumber hasil investigasi penulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar