Selamat Datang

Selasa, 12 Juni 2018

"JEJAK SANG WALI URUT SEWU SYEKH ABU BAKI ALIAS MBAH PANDAN LOR"

 "JEJAK SANG WALI URUT SEWU SYEKH ABU BAKI 

                       ALIAS MBAH PANDAN LOR"


Makam Syekh Abdul Baki Alias Mbah Pandan Lor

Pada hari ini Senin Pahing tanggal 11 Juni 2018 bertepatan dengan tanggal 26 Ramadhan 1439 H tanpa sengaja saya melintasi sebuah pemakaman umum di Desa Pandan Lor Kecamatan Klirong dan melihat ada bangunan yang permanen lain daripada bangunan makam di sekelilingnya. Saya penasaran dan masuk ke area pemakaman dan memarkirkan kendaraan di depan bangunan tersebut yang ternya sebuah bangunan yang kelihatan sering dikunjungi terlihat dari lantainya yang kelihatan bersih terawat dan dikeramik.


Kebetulan di dekat makam tersebut ada seorang yang sedang merumput di sekitar makam tersebut, ketika kutanya ternyata penduduk setempat dan asli desa Pandan Lor nama Pak Kasidin usia sekitar 60 tahunan.

Saya pun penasaran dan segera  mendekati dengan memberi salam terlebih dahulu serta memperkenalkan diri, selanjutnya terlibat perbincangan tentang makam tersebut. Akhirnya beliau berceritera tentang awal mula dibangun makam tersebut dan siapa sebenarnya sosok yang ada di makam tersebut.

Awal Mulanya di Bangun Makam Syehk Abu Baki

Awal mulainya adalah ada wangsit yang disampaikan oleh Simbah Kyai Abu Dari pengasuh pondok Jagasima Kebuluhan Kecamatan Klirong yang menyarankan kepada warga setempat untuk dibangun cungkup untuk makam tersebut yang diketahui bernama Syekh Abdul Baki yang merupakan masih saudara dengan Syekh Muhamad Najmudin Ali Mubin alias Syekh Mubin Ayam Putih Kec. Bulus PesantrenJuga masih kerabat dan memiliki hubungan dengan Syekh Abdul Awal Desa kebon sari dan Syekh Anom Sida Karsa Jaga Mertan Kec. Petanahan. dan juga dengan Syekh di Pawijahan. 

Sosok Kyai Abu Darin dari Jaga  Sima Kebuluhan

Menurut pak Kasidin, bahwa Kyai Abu Darin memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang sembarangan, beliau katanya mampu melihat dan berkomunikasi dengan mahluk halus dan jin. Atas kemampuannya itulah akhirnya memerintahkan masyarakat setempat melalui putra dari pak Kasidin untuk membangun/memugar makam tersebut.

Bangunan untuk melakukan Istighotsah
Pesan Langsung dari Syekh Abu Baki

Menurut penuturan pak Kasidin, bahwa sebenarnya jauh-jauh hari sudah ada tengara dari Syehk Abu Baki langsung melalui penjual rabuk (kapur untuk membangun) yang berasal dari desa Gebangsari Kec. Klirong yang biasa jualan di pasar rabuk Klirong. Belaiau datang langsung menemui penjual rabuk tersebut dengan mengaku Syekh Abu Baki minta di kirimi rabuk ke sekitar makam. Karena yang memsan jelas maka penjual rabuk tersebut lenagsung mengirim ke lokasi makam, karena memang tidak ada yang memesan maka kiriman tersebut dikembalikan ke penjual rabuk.

Akhirnya ada pesan dari Kayi Abu Darin namu belum di laksanakan, hingga meninggalnya Kyai Abu Darin belum juga di laksanakan pembangunan makam tersebut hingga dua tahun kemarin ada seorang warga dekat lokasi makam yang bernama Satiman seperti dimasuki roh dan minta segera dibangun makam tersebut dan akhirnya atas prakarsa kyai setempat.

Atas prakarsa tersebut akhirnya warga sepakat untuk membangun makam walau saat itu baru memiliki 1 sak semen. namu kejadian yang tidak disangka2 begitu mulai dibangun datanglah bantuan dari berbagai pihak yang tidak disangka2 yang akhirnya makam tersebut selesai dibangun.  


Makam Syekh Abu Baki Alias "Mbah Pandan Lor"

Banyak Peziarah yang tidak dikenal

Menurut penuturan pak Kasidin, setelah makam selesai di bangun banyak peziarah yang datang entah dari mana dan melakukan Istighotsah dimakam tersebut. Kegiatan tersebut hingga sekarang selalu dilakukan setiap malam Ahad Pahing

Route menuju Makam Syekh Abu Baki Alias Mbah Pandan Lor

Jika anda dari arah Timur (Yogyakarta) maupun dari Arah Barat (Petanahan), setelah sampai di perempatan Jaga Sima anda masuk ke arah Selatan menuju TPI Tanggul Angin. Setelah melewati batas desa antara Jaga Sima dan Pandan Lor ada perempatan ambil ke arah Timur (kiri) dan ikuti jalur tersebut hingga sampai pemakaman umum Desa Pandan Lor lokasi dibangunnya Makam Syekh Abu Baki alias Mbah Pandan Lor.

Perempatan pertama Desa Pandan Lor

Demkian informasi tentang Syek Abu Baki alias Mbah Pandan Lor yang bisa penulis sampaikan semoga bermanfaat.

Catatan : Nama Mbah Pandan Lor adalah istilah penulis yang memberikan karena berada di Desa Pandan Lor yang semata-mata untuk memudahkan kita mengingatnya. Catatan tersebut penulis peroleh dari hasil wawancara langsung dengan penduduk setempat yang kebetulan ikut terlibat. terima kasih kepada Pak Kasidin yang telah dengan sukarela menceritakan asal mulai dibangunnya makam tersebut.














Penulis : Sakijo.bin Sam Pan Djayanom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar