Selamat Datang

Senin, 06 Mei 2019

MAKAM SYECH MAULANA BAHARUDIN SETROJENAR - BULUSPESANTREN KEBUMEN

MAKAM SYECH MAULANA BAHARUDIN



Malam Jumat Kliwon Ziarah Makam Keramat Syech Maulana Baharudin Setro Jenar - Buluspesantren Kebumen.

Pada hari Kamis Wage malam Jumat Kliwon yang menurut kepercayaan orang-orang tua dulu adalah malam yang keramat dan kebiasaan ziarah kubur para leluhur selalu dilakukan pada setiap Hari Kamis Wage Malam Jumat Kliwon. Waktu belum tahu syariat banyak para orang-orang tua dulu pasang sesajen di tempat-tempat yang dianggap keramat termasuk makam yang dianggap keramat.
Tujuan ziarah yang sudah lama penulis rencanakan dan belum bisa terwujud adalah ziarah ke Makam Waliyullah Urut Sewu Sayid Syech Maulana Baharudin yang menurut keterangan dari KH. Achmad Chalwani Nawawi dalam acara Haul Syech Maulana Baharudin yang menurut beliau berasal dari Kuningan Jawa Barat yang diutus syiar Islam di Urut Sewu.


Kebetulan hari itu bertepatan dengan Hari Kamis Wage Malam Jumat Kliwon, penulis seperti ada yang menuntun hingga sampai ke Desa Setro Jenar Kecamatan Bulus Pesantren yang kira2 300 meter dari Kantor Kecamatan Bulus Pesantren ke arah Pantai Setro Jenar untuk Ziarah ke Makam Syech Maulana Baharudin yang tepatnya di Dukuh Godi Desa Setro Jenar Kecamatan Bulus Pesantren. Letak Makam berada selatan jalan setelah melewati lapangan desa Setro Jenar.
Dan perlu diketahui bahwa masyarakat setempat masih melestarikan tradis para sesepuh terdahulu yaitu pasang sajen atau sesaji yang diletakan pas depan pintu makam yang berupa beberapa jenis bunga yang diletakan pada baki dengan beberapa tambahan berupa minuman dalam gelas dan lain sebagainya.


Untuk mengetahui siapakah sebenarnya Syech Mulana Baharudin dari Kuningan, penulis sendiri belum mengetahuinya secara detailnya. Asal dari Kuningan saja itu penulis ketahui dari Youtube dalam rangka haul yang disampaikan oleh KH. Achmad Chalwani Nawawi.


Semoga dengan diangkatnya Makam Keramat Syech Maulana Baharudin ini ada pembaca budiman yang mengetahui dan mau berbagi sangat diharapkan.
Demikian sedikit informasi yang tidak lengkap tentang Syech Maulana Baharudin yang dapat kami sampaikan.

Salam Penulis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar