Selamat Datang

Jumat, 02 Oktober 2020

Nyi Roro Kidul Ternyata Pernah Hentikan Tsunami di Tanah Jawa?

Nyi Roro Kidul Ternyata Pernah Hentikan Tsunami di Tanah Jawa? 

 
 
 
Ternyata, Indonesia pernah beberapa kali merasakan Tsunami Maha dahsyat pada ratusan tahun silam.
Tsunami disebabkan oleh pertemuan dua tokoh besar. Salah satunya Kanjeng Nyi Roro Kidul. Sekitar 400 tahun lalu, pulau Jawa dikisahkan pernah mengalami bencana tsunami yang berkali-kali lipat lebih dahsyat jika dibandingkan dengan "potensi tsunami" saat ini.
 
Dikisahkan dalam Babad Tanah Jawi, Raden Sutawijaya yang juga dikenal dengan nama Panembahan Senopati mengetahui kabar bahwa Sultan Hadiwijaya akan menyerbu kerajaannya. Menanggapi hal tersebut Ia dan ayahnya, Ki Ageng Pemanahan memutuskan untuk mengambil tindakan.

Guna bersiap menghadapi serangan Sultan Hadiwijaya, keduanya memutuskan untuk mencari bantuan dari penguasa-penguasa tanah Jawa. Ki Ageng Pemanahan berangkat ke utara untuk guna mencari bantuan dari Penguasa Merapi, sedangkan Panembahan Senopati berangkat ke selatan untuk meminta bantuan dari Penguasa Laut Selatan.

Dalam perjalanannya, Panembahan Senopati mendapatkan bantuan dari makhluk air mistis yakni ikan raksasa dan naga. Makhluk mistis tersebut mengantarkannya ke muara sungai.

Setelah tiba di muara, ia duduk di tanah dan melakukan semedi. Dikisahkan bahwa semedinya memunculkan hawa yang luar biasa panas sehingga memicu gelombang dahsyat dari lautan.

Gelombang tersebut memusnahkan semua makhluk, meruntuhkan pepohonan, dan mengusik makhluk-makhluk pengikut Nyi Roro Kidul.

Akhirnya Nyi Roro Kidul menemui panembahan senopati dan memintanya untuk berhenti bersemedi supaya tidak lagi menimbulkan gelombang. Usai panembahan senopati menyudahi semedinya, Nyi Roro Kidul memberikan restu dan berjanji akan membantu panembahan senopati mendirikan kerajaan besar yang kelak dikenal dengan nama Mataram Islam.

Kisah tersebut diabadikan dalam salah satu bait pada lembaran Babad Tanah Jawi.
 
Sumber : jurnalpresisi.pikiran-rakyat.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar